Teman Sejawat Sekaligus Mentor Investasi

Image for post
Image for post

Saya memang banyak mendapatkan keberuntungan, dan salah satu keberuntungan terbesar saya adalah ketika bertemu dengan seorang teman sejawat, dia-lah salah satu yang berjasa membuka mata saya tentang investasi.

Kita sebut saja “Dia”, saya tidak akan menyebut namanya demi privasi. Profesinya dokter di salah satu klinik 24 jam swasta di Bogor. Dalam sebulan, dia menghasilkan salary sekitar 8-12 juta.

Dia menerapkan pola keuangan yang disebut dengan diet finansial. Sembilan puluh persen penghasilannya dia investasikan ke salah satu instrumen. Dia memaksakan diri hidup dengan biaya 1,5 juta tiap bulannya.

Strategi dia berbuah manis, sekarang dia memiliki aset lancar sekitar 1 Milyar serta menghasilkan cash flow sekitar 15 juta tiap bulannya.

Kalau dihitung-hitung, artinya tiap bulannya dia menghasilkan dana cash sebesar 23-27 juta. Kalau dia bisa hidup 1,5 juta di kota besar dan mampu menahan godaan konsumtif, berarti saat ini dia bisa investasikan dana paling tidak 21,5 juta tiap bulannya.

Saya pernah bertanya ke dia kenapa tidak fokus investasi saja? Jawabannya unik dan seperti seseorang yang benar-benar memiliki tujuan.

Dia berkata untuk saat ini dia masih membutuhkan uang besar sebagai modal agar investasinya cepat berkembang. Dia akan berhenti bekerja jika sudah terpenuhi salah satu syarat ini:

  1. Sudah bekerja 10 tahun, dan/atau
  2. Sudah memiliki cash 2 Milyar.

Saat ini dia sudah bekerja -+ 6 tahun. Saya rasa 2024 dia akan berhenti bekerja, kalau dia konsisten dengan perkataannya.

Mungkin saja dia akan pensiun lebih cepat, karena compounding interest pada dana yang besar bisa lebih cepat.

Pandangan orang bisa beda-beda, kalau kita mungkin akan menilai dia orang yang menyiksa diri, demi harta rela hidup pas-pasan selama bertahun-tahun, harta tidak dibawa mati, kalau sakit harta pun tidak berguna. Bagi dia, dia siap mempertaruhkan apapun yang terjadi di masa depannya, untuk mengejar apa yang dia mau.

Usianya mungkin sekarang 31 tahun, belum menikah sampai sekarang. Dia sama sekali tidak tertarik untuk liburan, beli barang yang mahal, dan bahkan barang termahal yang dia beli selama 6 tahun ini hanya sebuah motor matic yang dia pakai sehari-hari. Makan dan tidur masih menumpang di klinik.

Banyak orang yang memiliki salary 5-15 juta, tapi tidak banyak yang mau hidup seperti dia. Saya salah satu orang yang belajar banyak dari dia tentang diet finansial.

Dia pula yang memberi saya pemahaman tentang mengelola uang sesuai kondisi dan realistis. Beruntung saya mengenalnya.

Doctor of Medicine (MD) | Civil Servant | Stock Investor | Digital Entrepreneur

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store