Minimalisme Bagi Investor

Image for post
Image for post

Tepat satu tahun sudah saya menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup yang sedang populer di masyarakat global beberapa tahun terakhir.

Saya mengenal gaya hidup minimalis ini setelah membaca buku karangan Francine Jay, Seni Hidup Minimalis. Buku ini wajib Anda baca.

Padahal kalau ditelaah, gaya hidup minimalis sebenarnya telah diajarkan dalam Islam sejak beberapa abad lalu, yaitu ajaran hidup sederhana. Tapi kita memang sering lupa.

Konsep hidup minimalis sebenarnya cukup sederhana, pada dasarnya kita hanya perlu membedakan mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Bila sudah, akan sangat mudah kita dalam mengelola uang, kepemilikan barang dan waktu. Goal gaya hidup minimalis ini membentuk kita untuk menjadi orang produktif, bukan konsumtif.

Sayangnya, banyak kaum milenial yang sering salah mengartikan tentang gaya hidup minimalis, seperti punya rumah gaya minimalis dengan warna hitam dan putih, tidak perlu membeli kendaraan TV dan AC, bahkan sampai dengan pola ekstrim seperti tidak mau berkeluarga atau memiliki anak.

Gaya hidup minimalis tidaklah seperti itu.

Gaya hidup minimalis itu bukan sebuah style kekinian, bukan juga untuk berubah menjadi pelit. Tujuannya sederhana, hanya mengelola hidup kita sesuai kebutuhan. Dan itu tidak ada aturan bakunya, tiap orang punya konsep sendiri tentang gaya hidup minimalis, asalkan realistis dan rasional.

Misalnya begini, kita butuh laptop dalam bekerja. Artinya tentu harus membeli laptop sendiri sebagai kebutuhan, sangat tidak etis meminjam milik orang lain untuk keperluan pribadi.

Kalau sebatas untuk kerja yang sehari-hari hanya memakai M.Office, tentu kita tidak membutuhkan laptop dengan spek tinggi yang harganya sampai 20 juta. Cukup dengan laptop 3,5 juta saja padahal kita sudah produktif, disinilah letaknya kebutuhan, bukan keinginan.

Kalau sudah berkeluarga, harus ada dukungan anggota keluarga lain yang bisa sepaham, karena akan sulit ketika ingin mulai menerapkan gaya hidup minimalis tapi malah pasangan kita sedang dalam posisi hedon.

Nah, perlu ada diskusi dengan pasangan tentang gaya hidup yang sedang kita jalani, diskusi tentang apa gaya hidup minimalis dan kalau perlu praktek langsung.

Menurut saya, seorang investor pun harus memberikan perhatian lebih pada pola hidup minimalis. Karena pola hidup minimalis sangat membantu untuk mengurangi biaya pengeluaran yang tidak perlu.

Pada prinsipnya, menerapkan gaya hidup minimalis hanya didasari oleh konsep kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).

Ketika konsep hidup minimalis ini sudah membuat kita nyaman, dengan sendirinya pola pikir kita pun ikut berubah. Seperti kita jadi lebih berhemat, meningkatkan investasi, menjadi terbiasa merawat barang, dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Written by

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store