Kegilaan Manusia di Pasar Modal

Image for post
Image for post

Sejak tahun 1940, Ben Graham sudah mewanti-wanti bahwa sejak dulu pasar modal dipenuhi orang yang irrasional.

Bahkan Isaac Newton pernah menggerutu bahwa ia mampu menghitung benda-benda langit, tetapi ia tidak mampu mengkalkulasi kegilaan orang.

Saya tidak mampu berspekulasi apakah PT Indofarma Tbk (INAF) akan mencetak laba besar atau tidak di kemudian hari. Tapi data masa lalu paling tidak bisa menjadi gambaran seperti apa pemforma INAF tersebut.

Hanya dalam waktu dua bulan, harga saham INAF yang awalnya 1000an meroket jadi 3000an, naik lebih dari 200%. Sepertinya, isu vaksin benar-benar efektif menaikkan optimisme para pelaku pasar modal untuk melemparkan uangnya ke perusahaan farmasi ini.

Tapi wajarkan INAF dibandrol dengan harga yang sangat tinggi? Mari kita simak histori datanya:

Pertama, dalam beberapa tahun terakhir, Indofarma (INAF) terus merugi, kecuali pada tahun 2019. Kedua, pada pembukuan terakhir, INAF merugi 21 M. Ketiga, liabilitas yang dimilikinya hampir 2 kali dari ekuitas.

Saya termasuk investor yang sangat menghindari perusahaan yang memiliki tingkat liabilitas diatas ekuitas.

Sekarang mari bandingkan dengan market leader industri farmasi, PT Kalbe Farma, Tbk (KLBF). Jika dibandingkan dengan INAF, KLBF jauh unggul di segala lini.

Pertama, KLBF selalu menghasilkan profit yang positif, pada tahun 2020 KLBF memperoleh profit sebesar 1.39 T. Kedua, tren pertumbuhan KLBF selalu positif, jadi KLBF cukup profitable. Ketiga, liabilitas hanya 30% dari kamampuan ekuitas yang dimiliki oleh KLBF. Ini menunjukkan keuangan KLBF sangat sehat.

Harga saham KLBF berada pada poin 1570 dengan rasio PBV 4,5 kali. Sedangkan INAF berada pada poin 3350 dengan rasio PBV 20,75 kali.

Secara rasional dan akal sehat, sulit bagi saya menemukan benang merah kenapa INAF yang fundamentalnya “menyedihkan” malah dijual jauh lebih mahal di atas harga KLBF yang fundamentalnya sangat baik. Inilah kegilaan yang disebutkan oleh Sir Isaac Newton.

Written by

Doctor of Medicine (MD) | Civil Servant | Stock Investor | Digital Entrepreneur

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store